Semakin hari semakin banyak pelajar yang memilih bersekolah di luar negeri. Pilihan yang wajar, karena beberapa institusi pendidikan terbaik berada di luar Indonesia. Namun yang paling ditakutkan ketika kita mengambil keputusan untuk bersekolah di luar negeri adalah: mampu atau tidak?

Agar keinginan ini terwujud, persiapannya harus dilakukan dari jauh hari. Berikut ini langkah-langkahnya:


1. Memilih sekolah
Dari awal, kita sudah harus mulai memilih sekolah yang akan dituju. Dengan menentukan dari awal, kita bisa mengira-ngira besarnya biaya yang akan dikeluarkan selama menuntut ilmu di sekolah tersebut. Mulai dari biaya masuk, biaya semesteran, dan biaya buku. Semua dana ini harus sudah siap ketika kita berangkat di tahun pertama. 

2. Biaya hidup
Tinggal di luar negeri, tentunya kita butuh biaya untuk kehidupan sehari-hari, mulai dari biaya menyewa apartemen/asrama, biaya listrik, biaya telepon dan internet, biaya makan sehari-hari, dan biaya tranportasi. Sama dengan biaya sekolah, biaya hidup pun harus sudah siap saat kita berangkat.

3. Biaya transportasi pulang pergi
Biaya yang dibutuhkan untuk berangkat ke luar negeri dan pulang kembali ke Indonesia.  


Setelah mengetahui jumlah total dari tiga poin di atas, kita sudah bisa mulai berinvestasi. Kapan harus memulai? Begitu ada berniat, segera mulai investasi, karena semakin lama waktu untuk berinvestasi, cicilan investasinya tentu akan lebih kecil. Apalagi dengan waktu yang panjang, kita bisa memilih produk yang risikonya relatif lebih tinggi dengan harapan memberikan imbal hasil yang lebih tinggi. 

Jadi, tunggu apa lagi? Segera mulai investasi untuk dana pendidikan di luar negeri.

Anda sedang membaca artikel tentang sekolah ke luar negeri?? bukan mustahil dan anda bisa menemukan artikel sekolah ke luar negeri?? bukan mustahil ini dengan url http://kforkamfret.blogspot.com/2012/07/sekolah-ke-luar-negeri-bukan-mustahil.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel sekolah ke luar negeri?? bukan mustahil ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link sekolah ke luar negeri?? bukan mustahil sumbernya.

Leave a Reply